Jak Pro

Berita dan Informasi

Khasiat daun katuk

Jakpro – Daun katuk mempunyai banyak manfaat untuk menjaga kesehatan seseorang. Dimana daun katuk mempunyai manfaat yang dikenal yaitu untuk menambah produksi ASI. Sehingga bagi ibu yang bekerja dan memompa persediaan ASI untuk bayinya bisa menggunakan daun katuk agar mempunyai cukup ASI untuk disimpan sebagai persediaan. Selain manfaat tersebut, khasiat daun katuk juga baik untuk menjaga kesehatan tulang untuk mencegah osteoporosis, bahan terbaik untuk diet, hingga menjaga kesehatan mata. Berbagai manfaat kesehatan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi daun katuk secara rutin. Akan tetapi untuk menghindari kebosanan, Anda bisa menggunakan beberapa olahan nikmati seperti berikut ini untuk mengkonsumsi daun katuk tanpa bosan:

Khasiat daun katuk

1. Sayur bening

Olahan pertama yang bisa Anda gunakan dengan bahan daun katuk adalah sayur bening. Selain bayam, Anda juga bisa membuat sayur bening dengan bahan utama dari daun katuk. Dimana untuk bahan yang bisa disediakan juga sangat mudah ditemukan yaitu mulai dari daun katuk, jagung manis, tomat, bawang merah, temu kunci, air, dan juga siapkan gula dan garam secukupnya. Adapun untuk caram membuatnya sangat mudah yaitu dengan mendidihkan air di dalam panci dan rebus jagung hingga matang. Selanjutnya masukkan bumbu yaitu bawang merah, temu kunci, garam, tomat, dan juga gula. Aduk hingga matang dan kemudian masukkan daun katuk dan tunggu selama dua menit saja hingga matang.

2. Tumis daun katuk

Menu selanjutnya yang bisa digunakan adalah tumis daun katuk yang mempunyai keunggulan bisa dibuat dengan rasa pedas bagi Anda penyuka pedas. Anda bisa untuk membuat tumis dengan menyiapkan daun katuk, udang kering, teri goreng, cabang merah, bawang merah, bawang putih, tomat, dan gula serta garam secukupnya. Sedangkan untuk cara membuatnya adalah dengan menumis bumbu terlebih dahulu yaitu bawang putih, cabai merah, tomat, dan bawang merah. Selanjutnya tambahkan daun katuk dengan sedikit air dan tumis hingga matang. Masukkan tambahan udang kering dan ikan teri hingga matang dan tumis daun katuk siap untuk dinikmati.

3. Lodeh daun katuk

Menu selanjutnya adalah lodeh daun katuk yang bisa menyiapkan bahan seperti daun katuk, buah labu siam, kulit melinjo, cabai hijau, bawang putih, daun salam, santan, gula dan garam secukupnya. Sedangkan untuk cara membuatnya adalah dengan memasak santan menggunakan api sedang. Masukkan bawang putih, daun salam, dan cabai hijau. Kemudian masukkan labu siam dan kulit melinjo, masak hingga mendidih. Masukkan daun katuk, gula, garam, dan kemudian tunggu hingga matang.

4. Bakwan daun katuk

Menu terakhir yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan bakwan daun katuk. Makanan ini bisa menjadi cemilan yang disantap dengan rasa enak. Adapun untuk bahan yang perlu disiapkan adalah daun katuk, kacang merah, jagung pipil, tepung terigu, daun seledri, dan juga minyak goreng. Sedangkan untuk bumbu yang perlu disiapkan ada bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, dan garam. Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan mengaduk semua bahan dan bumbu halus. Kemudian bisa digoreng hingga mempunyai warna kuning keemasan dan siap untuk disajikan.

Berbagai cara di atas adalah menu yang bisa digunakan untuk mengolah daun katuk. Sehingga untuk menikmati khasiat daun katuk seperti yang diulas di website https://herbana.id/id/produk/reliefsari-daun-katuk  tersebut Anda bisa menggunakan banyak cara agar menghindari kebosanan ketika menyantap daun katuk. Atau untuk cara mudah yang bisa digunakan adalah dengan di sayur sehingga bisa langsung dinikmati tanpa olahan yang ribet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *